Peranan Inteljen Bisnis, Inteljen Pemasaran dan Riset Bisnis

  1. Pengertian:

    Apakah Inteljen Bisnis (IB) itu? Istilah IB bukan merupakan sesuatu yang baru di negara-negara maju; sekalipun demikian istilah ini masih asing di Indonesia Kata IB memberikan kesan seperti mata-mata dalam dunia militer. Sebenarnya dalam bahasa Inggris ada dua istilah yang berbeda, yaitu: Business Intelligence dan Business Espionage. Istilah pertama mengandung arti melakukan kegiatan penyelidikan dalam dunia bisnis dengan menggunakan konsep-konsep dan metode dunia inteljen militer yang diaplikasikan dalam dunia bisnis secara sistematis dan berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah, serta dilakukan secara terbuka; sedang istilah kedua mengandung arti spinoase bisnis yang dilakukan secara rahasia dan ilegal , tertutup, misalnya pencurian data penting di perusahaan tertentu.

    Mengapa IB diperlukan dalam dunia bisnis? Dalam menghadapi pasar bebas, globalisasi dan mengantisipasi semakin canggihnya teknologi informasi; maka keamanan berbisnis memerlukan perhatian yang lebih besar. Saat ini dengan adanya kecanggihan teknologi informasi, tidak ada satupun negara di dunia ini yang tidak dapat diketahui oleh negara lain (baca: dimata-matai). Persaingan produk/layanan jasa sejenis membuat industri/perusahaan di negara-negara maju mengembangkan IB dan "Marketing Intelligence". IB digunakan tidak hanya untuk melindungi kepentingan perusahaan tetapi juga digunakan untuk mempelajari perusahaan-perusahaan pesaingnya. Semakin tinggi tingkat kompetisi, maka peranan IB menjadi semakin penting.

  2. Inteljen Bisnis

    Peranan IB bersifat pasif dan aktif. Sifat pasif mencakup kegiatan keamanan yang bersifat internal perusahaan, seperti pengamanan data penting perusahaan yang berhubungan langsung dengan rahasia produk/jasa layanan tertentu. Sifat aktif mencakup kegiatan untuk mempelajari produk/layanan yang beredar di pasaran. Dalam membantu kelangsungan hidup perusahaan IB melakukan secara terus menerus pengamatan kondisi eksternal perusahaan yang mencakup faktor-faktor sebagai berikut:

    1. Politik:
      Naik turunnya suhu politik suatu negara dipastikan akan mempengaruhi iklim berbisnis.
    2. Geografi:
      Kondisi fisik lingkungan akan mempengaruhi perusahaan dalam menentkan produk/jasa yang akan diberikan kepada masyarakat.
    3. Pemerintah:
      Regulasi dan perundang-undangan yang dikeluarkan oleh pemerintah secara langsung akan mempengaruhi kebijakan perusahaan baik yang bersifat strategis maupun operasional.
    4. Sosial-Budaya:
      Faktor sosial budaya masyarakat disekitar lokasi perusahaan/industri harus mendapatkan perhatian dari pihak manajemen agar mereka mendukung keberadaan perusahaan/industri tersebut.
    5. Keamanan:
      Keamanan lingkungan akan mempengaruhi kelangsungan keberadaan perusahaan karena tanpa jaminan keamanan maka perusahaan tidak dapat beroperasi dengan baik.

    Pada intinya peranan IB ialah mengumpulkan data dari berbagai sumber yang ada untuk dijadikan sebagai bahan masukan informasi yang diperlukan dalam proses pengambilan keputusan penting yang bersifat strategis, seperti tujuan jangka panjang, pengembangan perusahaan serta tujuan khusus yang akan dicapai

  3. Inteljen Pemasaran:

    Kalau kita berbicara masalah IB, kita bersinggungan dengan masalah-masalah yang bersifat strategis; sedang kalau kita membicarakan Inteljen Pemasaran (IP) kita berbicara masalah operasional. Secara bebas IP dapat didefinisikan sebagai " mempelajari pelanggan kita dan produk/jasa perusahaan pesaing supaya perusahaan kita dapat memenangkan persaingan di pasar, sehingga perusahaan kita dapat menguasai bagian pasar yang terbesar."

    Dalam dunia bisnis beberapa pertanyaan di bawah ini akan mempengaruhi pelaksanaan dalam melakukan kegiatan IP, yaitu:
    1. Bagaimana saya dapat memahami elemen-elemen penjualan dan keuntungan dalam bisnis saya?
    2. Bagaimana caranya saya dapat menemukan dan menarik pelanggan baru?
    3. Bagaimana caranya saya mendefinisikan dan menciptakan produk/layanan yang akan dibeli oleh pelanggan saya?
    4. Bagaimana caranya saya menentukan apa yang akan dibayar oleh para pelanggan dan menetapkan harga yang tepat?
    5. Bagaimana caranya saya mendefinisikan dan memilih saluran distribusi yang terbaik untuk meraih para pelanggan yang banyak?
    6. Bagaimana caranya saya mengumpulkan data dan menghitung potensi pasar?
    7. Bagaimana caranya saya mempelajari kompetisi dan memenangkannya?
    8. Bagaimana caranya saya memposisikan dan mengkomunikasikan seluk beluk bisnis saya?
    9. Bagaimana saya dapat menciptakan cara agar pelanggan potensial sering datang sehingga tingkat penjualan menjadi maksimal?
    10. Bagaimana caranya saya mendefinisikan dan mengimplementasikan kebutuhan-kebutuhan pasca-layanan penjualan?
    11. Bagaimana caranya saya secara terus menerus dapat memonitor dan mengukur pasar?
    12. Bagaimana caranya saya menggunakan teknologi moderen yang dapat mendukung kinerja perusahaan saya?
    13. Bagaimana saya dapat meraih kesempatan melakukan ekspor dan impor?

  4. Riset Bisnis:

    Riset Bisnis (RB) mempunyai peranan penting dalam proses pengambilan keputusan, karena RB memberikan informasi yang akurat kepada pihak pengambil keputusan didasarkan pada riset di lapangan mengenai persoalan yang sedang terjadi diperusahaan saat ini. Dengan demikian keputusan strategis yang dihasilkan tidak akan jauh berbeda dengan apa yang diharapkan oleh pihak manajemen. Dalam praktiknya RB dilaksanakan dengan cara melakukan penyelidikan

    Peranan RB dalam proses pengambilan keputusan sederhana saja, yaitu dengan cara menyediakan informasi yang cocok dan bermanfaat bagi para pengambil keputusan. Pada umumnya pihak manajemen mengambil keputusan dengan beberapa cara, yaitu

    • Intuisi:
      Pengumpulan informasi didasarkan pada pemikiran tertentu yang dapat diterima karena nampak benar. Informasi tidak selalu harus cocok dengan fakta-fakta yang ada. Pembuat keputusan biasanya hanya mengandalkan indra keenam.
    • Otoritas:
      Pengumpulan informasi didapatkan dari individu-individu tertentu yang kredibel karena yang bersangkutan dianggap ahli atau mengetahui persoalan.
    • Pengalaman:
      Informasi didapatkan berdasarkan pengalaman masa lalu yang mempunyai karakteristik yang sama dengan persoalan saat ini dan yang kemudian diformulasikan untuk dijadikan masukan dalam pengambilan keputusan.
    • Riset Bisnis:

  5. Hubungan IB, IP dan RB:

    Inteljen Bisnis dan Inteljen Pemasaran dalam memberikan informasi kepada pihak manajemen didasarkan pada pengumpulan data, fakta, hasil observasi dan opini yang bermakna dan berkaitan dengan persoalan yang sedang dialami di perusahaan; sedang Riset Bisnis didasarkan pada penyusunan pertanyaan-pertanyaan yang benar dan akurat, mendapatkan jawabannya, mengolah dan mengevaluasi informasi dan tujuan akhirnya ialah untuk menciptakan strategi-strategi dan taktik bisnis. Sekalipun demikian, ketiga metode tersebut mempunyai kesamaan, yaitu memberikan informasi kepada pihak manajemen agar tidak salah dalam mengambil keputusan strategis yang menyangkut kelangsungan dan masa depan perusahaan.


Jika Anda tertarik untuk lebih mengetahui masalah ini secara lebih dalam
silahkan kirim email ke:BBRC
atau via telepon di:(022) 2506097

Halaman Depan ! Ke atas
Artikel terkait
Cara Mempelajari suatu Industri/Perusahaan Tertentu dengan Memeriksa Produk/Layanannya.
Psend kept free because of these great sponsors.a..

Other Sponsors

electrical connectors, Mangosteen Juice, real estate short sale, Jupiter FL real estate,

Furniture Markdown

Great Deals on furniture - Free Shipping!
Discount Furniture
Daybeds
Metal Beds
Platform Beds
Futons

Y-Net Wireless Internet

Denver area high speed wireless privider.
Colorado High Speed Internet, Wireless Internet Denver, VOIP Denver CO, T1 provider Denver, Denver Wireless ISP , Denver Internet Access,

Dog House Technologies

Doghouse Techonologies is located in Tampa Bay FL and offer professional web design, ecommerce development and custom application design for the internet.
Tampa Bay Web Design, E-Commerce Web Design, Tampa Bay Search Engine Marketing, Tampa Web Hosting, Florida Web Design, Custom Application Development, Search Engine Optimization,

hosting.asp">Tampa Web Hosting and Florida Web Design This site hosted curtosy of Psend.com's Free Web Hosting. Psend is a division of Telos Online, Inc. Psend kept free because of these great sponsors.a..

Other Sponsors

electrical connectors, Mangosteen Juice, real estate short sale, Jupiter FL real estate,

Furniture Markdown

Great Deals on furniture - Free Shipping!
Discount Furniture
Daybeds
Metal Beds
Platform Beds
Futons

Y-Net Wireless Internet

Denver area high speed wireless privider.
Colorado High Speed Internet, Wireless Internet Denver, VOIP Denver CO, T1 provider Denver, Denver Wireless ISP , Denver Internet Access,

Dog House Technologies

Doghouse Techonologies is located in Tampa Bay FL and offer professional web design, ecommerce development and custom application design for the internet.
Tampa Bay Web Design, E-Commerce Web Design, Tampa Bay Search Engine Marketing, Tampa Web Hosting, Florida Web Design, Custom Application Development, Search Engine Optimization,